Measurement


Pengukuran merupakan salah satu metode pengumpul data yang tidak asing lagi pada ilmu-ilmu sosial seperti psikologi. Tulisan ini disusun untuk menjelaskan tentang apa sih yang dimaksud dengan pengukuran dan apa manfaatnya. Tulisan ini bisa menjadi pengantar buat anda untuk memahami pengukuran terutama pada bidang ilmu-ilmu sosial seperti psikologi

Baca Selengkapnya…

2 Responses to “Measurement”

  1. maaf sebelumnya. saya mohon bantuan bapak..saya sedang melakukan penelitian dengan judul perbedaan tingkat shyness antara remaja awal yang memiliki tipe private self-consciousness dengan remaja awal yang memiliki tipe public self consciousness. untuk mengukur tingkat shyness, private dan public self-cosciousness saya menggunakan skala likert dengan 4 pilihan (tanpa menggunakan pilihan netral). yang saya mau tannyakan, apakah saya bisa menjadikan satu kuesioner untuk skala private dan public self-consciousness-nya. dengan indikator masing-masing dengan pernyatan unfavorable dan favorable. kemudian bagaimana saya bisa melihat bahwa individu memiliki tipe private dan public? apakah skor total dari masing masing indikator untuk masing-masing variabel, apakah jika untuk variabel private ternyata individu lebih tinggi skornya maka itu berarti juga bahwa individu tersebut juga memiliki tipe atau kecenderungan private self-consciousness?
    trus bagaimana juga ketika skor antara dua variabel tersebut yang diperoleh imdividu sama? apakah itu berarti bahwa individu tersebut tidak masuk dalam subjek saya? terima kasih sebelumnya…

  2. mohon jasa baik tuan menerangkan ttg skala thurstone….bagaimana menggunakan skala ini untuk menentukan validity item soalan…sekian terima kasih

Leave a Reply

