QUICK COUNT


Fenomena quick count di pilgub jatim sungguh menarik, mengapa? Karena ternyata hasilnya hanya selisih 1% dari kedua calon di pilgub putaran ke dua ini. Hebohnya lagi salah satu calon yang diunggulkan oleh hasil survey ternyata setelah dilakukan penghitungan manual justru kalah. Kemudian hasil quick count dibawa-bawa untuk meyakinkan masyarakat bahwa telah terjadi kecurangan. Angka statistik dan margin error menjadi suatu kata yang sering didengar masyarakat. Entah mereka tahu maksudnya atau pura-pura tahu dan sok ilmiah karena didukung statistik, lalu grudag-grudug yang bisa berujung kekisruhan di masyarakat. Semoga saja tidak sejauh itu.

Apa sih sebenarnya quick count? Jika dimaknai dari istilahnya maka berarti penghitungan cepat. Secara statistik ini merupakan survey yang dilakukan pada sejumlah sampel yang selanjutnya dari hasil survey tersebut digunakan untuk memprediksi populasi. Siapa populasi dalam quick count? Yang menjadi populasi adalah TPS yang ada di seluruh Jawa Timur yang berjumlah 62.000 TPS. Selanjutnya dari 62.000 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dilakukan sampling untuk memilih TPS yang akan digunakan sebagai sampel. Teknik sampling yang paling cocok digunakan untuk survey semacam ini adalah cluster sampling sehingga seluruh kabupaten/kota ada wakil sebagai sampel yang jumlahnya proporsional dengan jumlah seluruh TPS yang ada di kabupaten/kota. Oleh karena itu sebelum proses survey, lembaga survey harus memiliki data TPS di setiap kabupaten/kota. Selanjutnya dilakukan penghitungan total TPS di Jawa Timur dan peneliti menentukan confidence level dan margin error (confidence interval) yang dikehendaki. Penetapan confidence level dan confidence interval akan terkait dengan penghitungan jumlah sampel yang harus diambil dari populasi. Besaran confidence level sangat terkait untuk kepentingan generalisasi, semakin besar confidence level, maka akan semakin kecil kemungkinan terjadi kesalahan tipe 1 atau tipe α pada saat generalisasi. Sedangkan confidence interval ini terkait dengan selisih hasil prediksi dengan kenyataan di populasi. Suatu misal hasil survey memprediksi perolehan calon A adalah 51%, dengan confidence interval yang ditetapkan sebelum survey 3% maka kenyataan setelah dilakukan penghitungan manual pada seluruh TPS atau seluruh populasi maka bisa jadi calon A mendapat suara 51% – 3% = 48% sampai dengan 51% + 3% = 54%. Lalu bagaimana bila selisih dari hasil survey kurang dari 1%? Apabila itu yang terjadi maka fenomena yang terjadi di Jawa Timur memang bisa saja terjadi dan itu wajar, kecuali selisih kedua calon cukup besar.

Ketepatan prediksi juga terkait dengan berapa jumlah sampel yang diambil, apakah sudah representatif untuk mewakili populasi? Dengan populasi 62.000 TPS, confidence level 99% dan confidence interval 3% maka dengan menggunakan bantuan sample size calculator http://www.surveysystem.com/sscalc.htm sampel yang harus diambil adalah 1795 TPS. Lalu bagaimana kalau yang diambil sebagai sampel hanya 400 TPS? Apakah dengan sampel segitu confidence interval masih tetap 3%? Tentu saja tidak, dengan kondisi seperti itu confidence interval-nya menjadi 6,43%. Sehingga apabila calon A berdasarkan hasil survey diprediksi mendapatkan 51% maka kenyataannya si calon A akan mendapatkan 44,57% sampai dengan 57,43%. Interval yang terlalu panjang tentunya. Analoginya, seandainya ada orang bermain tebak angka yang keluar dari dadu yang terdiri dari angka 1 sampai dengan 6 dengan survey seperti di atas bisanya orang tersebut hanya menebak yang keluar adalah angka 2 sampai 5. Bagaimana sikap kita seandainya kita yang menjadi bandarnya? Ya tentunya tebakan tersebut banyak tepatnya, tapi bukannya bermain dadu mengharapkan tebakan satu angka secara tepat baru dikatakan menang?

One Response to “QUICK COUNT”

  1. betul tuh bos….namanya aja quick count…ngitungnya khan buru2 wajar aja klo salah….apalagi klo prinsipnya ngitungnya “maju tak gentar membela yang mbayar”, makanya bener kata orang dulu “ojo grusah grusuh…alon penting ora error”, dan bilang aja ama khofiffah jadi gubernur di provinsi quick count aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: